RPP Adiwiyata PAI kelas IX
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Islam Terpadu Budi Mulia Padang
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Agama Islam
|
Kelas /Semester
|
:
|
IX/2
|
Standar Kompetensi
|
:
|
9. Memahami Ajaran Al – Hadits
tentang kebersihan
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
9.1. Membaca hadits tentang
kebersihan
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4
X 40 menit ( 1 pertemuan)
|
Standar
Kompetensi :
9. Memahami
Ajaran Al – Hadits
tentang kebersihan
Kompetensi
Dasar :
9.1 Membaca hadits tentang kebersihan
9.2. Menyebutkan
arti hadits tentang kebersihan
Indikator
Pembelajaran :
9.1.1
Membaca setiap kata yang ada dalam al-Hadits
tentang kebersihan dengan benar.
9.1.2
Membaca keseluruhan
al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
9.1.3
Mengartikan setiap kata yang ada dalam al-Hadits
tentang kebersihan dengan benar.
9.1.4
Mengartikan
keseluruhan al-Hadits tentang kebersihan dengan benar.
Tujuan Pembelajaran :
1.
Siswa dapat membaca hadits tentang
kebersihan dengan fasih dengan fasih, menyalin dengan benar dan hafal dengan
lancar
2.
Siswa dapat membaca arti mufradad hadits
tentang kebersihan, mengartikan hadits tentang kebersihan, dan dapat
menjelaskan kandungan hadits tentang kebersihan.
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility
)
Materi
Pembelajaran
·
Hadits tentang kebersihan dengan fasih
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Demonstrasi
- Tanya jawab
- CTL
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Kegiatan
Pendahuluan
- Mengajak siswa berdoa bersama
- Absensi
- Apersepsi
- Guru menyampaikan kompetensi yang harus dicapai setelah pembelajaran
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru mendemonstrasikan bacaan hadits tentang
kebersihan dengan fasih.
2). Elaborasi
·
Siswa berlatih membacanya dengan metode tutir sebaya.
3) Konfirmasi
·
menyampaikan kesulitan-kesulitan yang dialami dalam
kelompok masing-masing, guru sebagai fasilitator.
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Pertemuan
Kedua
Kegiatan
Pendahuluan
- Apresepsi
- Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil (small group) dan menempatkan dalam setiap kelompok.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
·
Guru bertanya kepada siswa arti al-Hadits tentang kebersihan
dan berusaha menghafalkannya
2). Elaborasi
·
Siswa membaca arti mufradad.
·
Siswa berlatih mengartikan hadits tentang kebersihan
berdasarkan arti mufradadnya dalam kelompok masing-masing dengan bimbingan .
3) Konfirmasi
·
menyampaikan kesulitan yang dialami kepada guru, guru
bertindak sebagai fasilitator.
Kegiatan
Penutup
·
Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai
kegiatan belajar dalam KD ini. Bermanfaat atau tidak ? Menyenangkan atau tidak
?
Sumber Belajar
·
Buku PAI Kelas IX
, Penerbit Umum
·
LKS MGMP PAI SMP / MTS
·
Mushaf Al-Quran
Penilaian
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen /
Soal
|
Skor
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Praktik
|
1. Bacalah potongan-potongan hadits ini dengan benar:
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيْمَانِ
وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيْزَانَ
2. Bacalah bagian dari
hadits tentang kebersihan di bawah ini:
الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيْمَانِ=
وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيْزَانَ=
وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَآَنِ أَوْ تَمْلَأُ مَا بَيْنَ
السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ
3.
Terjemah dari kata شَطْرُ الْإِيْمَانِ
adalah ...
4. Arti yang tepat dari potongan hadits وَالصَّبْرُ ضِيَاءٌ adalah:
a. kesabaran itu ada
batasnya
b. kesabaran itu bersinar
c. kekayaan itu bermanfaat
d. kebersihan itu adalah
iman
|
10
10
5
5
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
(
Nusyirwan M., S.Pd.I )
|
Diperiksa
Oleh,
Waka
Kurikulum
Riny
Handayani, S.Pd.
|
Padang,
1 Juli 2015
Guru
Mapel PAI,
(
Febrianto, S.Pd.I )
|