Cara Mudah Membuat RPP Kurikulum 2013
RPP 2013 sangat mudah didesaign sesuai dengan kebutuhan dalam pembelajaran. dalam menysun RPP, ada 3 hal yang harus diperhatikan oleh setiap disainer (guru), yaitu :
1. Kebutuhan peserta didik, di setiap lembaga pendidikan akan berbeda kebutuhan peserta didiknya. peserta didik di perkotaan berbeda dengan peserta didik di pedesaan, peserta didik di sekolah paforit berbeda dengan peserta didik di sekolah yang kurang paforit, karena itu guru harus jeli dalam menganalisis kebutuhan peserta didik mereka, agar kebutuhan mereka benar-benar deapat terpenuhi dalam pembelajaran.Jika seorang guru mengajar di 2 sekolah yang sama tingkatannya, namun berbeda lokasi dan tingkat kemampuan siswanya, maka RPP nya pun seharusnya berbeda pula.
2. Fasilitas yang tersedia, ketersediaan fasilitas untuk menunjang terlaksanakan pendidikan juga harus diperhatikan guru dalam menyusun RPP. Sekolah dengan fasilitas lengkap dan Teknologo yang cukup, tentu bisa disajikan pembelajaran dengan media yang canggih, seperti infocus, begitulah sebaliknya.
3. Kemampuan guru dalam menyajikan pembelajaran, guru juga manusia, punya karakter berbeda dan kemampuan berbeda. maka dalam membuat perencanaan pembelajaran guru mesti membuat sendiri sesuai dengan kemapuannya, agar apa yang dibuat benar sesuai denga apa yang diterapkan.
<!-- Start of KomisiGRATIS.Com Script -->
<script type="text/javascript" src="http://komisigratis.com/ads.php?pub=11060"></script>
<!-- End of KomisiGRATIS.Com Script -->
Komponen RPP 2013
1. Judul
2. Satuan pendidikan
3. Mata Pelajaran
4. Kelas/semester
5. Alokasi
6. Kompetesi Inti
7. Kompetensi dasar
8. Indikator pembelajaran
9. Materi Pembelajaran
10. Sumber belajar
11. Kegiatan pembelajaran/skenario pembelajaran
- Melihat
- Menanya
- Mengumpulkan data
- Mengisisiasi
- Mengkomunikasikan
12. Penilaian
13. Lampiran penilaian
Cara membuat RPP
1. untuk komponen 1 sampai 5 itu adalah bagian atas RPP
2. Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar cukup mengopy aja dari permendikbub berikut :
3. Indikator harus kita kembangkan sendiri sesuai kebutuhan. Setiap KD harus kita urai lagi menjadi objek yang dapat di nilai. denga cara mengawalinya denga kata kerja operasional. untuk KI 1, dan KI 2 bisa dengan kata kerja yang bisa diamati, dan KI 4 dengan keterampilan yang meliputi produck, fortofolio dan proyek.
<!-- Start of KomisiGRATIS.Com Script -->
<script type="text/javascript" src="http://komisigratis.com/ads.php?pub=11455"></script>
<!-- End of KomisiGRATIS.Com Script -->
1. Kebutuhan peserta didik, di setiap lembaga pendidikan akan berbeda kebutuhan peserta didiknya. peserta didik di perkotaan berbeda dengan peserta didik di pedesaan, peserta didik di sekolah paforit berbeda dengan peserta didik di sekolah yang kurang paforit, karena itu guru harus jeli dalam menganalisis kebutuhan peserta didik mereka, agar kebutuhan mereka benar-benar deapat terpenuhi dalam pembelajaran.Jika seorang guru mengajar di 2 sekolah yang sama tingkatannya, namun berbeda lokasi dan tingkat kemampuan siswanya, maka RPP nya pun seharusnya berbeda pula.
2. Fasilitas yang tersedia, ketersediaan fasilitas untuk menunjang terlaksanakan pendidikan juga harus diperhatikan guru dalam menyusun RPP. Sekolah dengan fasilitas lengkap dan Teknologo yang cukup, tentu bisa disajikan pembelajaran dengan media yang canggih, seperti infocus, begitulah sebaliknya.
3. Kemampuan guru dalam menyajikan pembelajaran, guru juga manusia, punya karakter berbeda dan kemampuan berbeda. maka dalam membuat perencanaan pembelajaran guru mesti membuat sendiri sesuai dengan kemapuannya, agar apa yang dibuat benar sesuai denga apa yang diterapkan.
<!-- Start of KomisiGRATIS.Com Script -->
<script type="text/javascript" src="http://komisigratis.com/ads.php?pub=11060"></script>
<!-- End of KomisiGRATIS.Com Script -->
Komponen RPP 2013
1. Judul
2. Satuan pendidikan
3. Mata Pelajaran
4. Kelas/semester
5. Alokasi
6. Kompetesi Inti
7. Kompetensi dasar
8. Indikator pembelajaran
9. Materi Pembelajaran
10. Sumber belajar
11. Kegiatan pembelajaran/skenario pembelajaran
- Melihat
- Menanya
- Mengumpulkan data
- Mengisisiasi
- Mengkomunikasikan
12. Penilaian
13. Lampiran penilaian
Cara membuat RPP
1. untuk komponen 1 sampai 5 itu adalah bagian atas RPP
2. Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar cukup mengopy aja dari permendikbub berikut :
- Permendikbud 57 Tahun 2014 Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah
- Permendikbud 58 Tahun 2014 Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah
- Permendikbud 59 Tahun 2014 Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
- Permendikbud 60 Tahun 2014 Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan
- Permendikbud 61 Tahun 2014 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
- Permendikbud 62 Tahun 2014 Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
- Permendikbud 63 Tahun 2014 Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
- Permendikbud 64 Tahun 2014 Peminatan pada Pendidikan Menengah
- Permendikbud 65 Tahun 2014 Buku Teks Pelajaran dan Buku Panduan Guru Kurikulum 2013 Kelompok Peminatan Pendidikan Menengah yang Memenuhi Syarat Kelayakan untuk Digunakan Dalam Pembelajaran
3. Indikator harus kita kembangkan sendiri sesuai kebutuhan. Setiap KD harus kita urai lagi menjadi objek yang dapat di nilai. denga cara mengawalinya denga kata kerja operasional. untuk KI 1, dan KI 2 bisa dengan kata kerja yang bisa diamati, dan KI 4 dengan keterampilan yang meliputi produck, fortofolio dan proyek.
<!-- Start of KomisiGRATIS.Com Script -->
<script type="text/javascript" src="http://komisigratis.com/ads.php?pub=11455"></script>
<!-- End of KomisiGRATIS.Com Script -->